Kamis, 14 Agustus 2014

Mengantuk Berat?? Begini 5 Solusi Cemerlangnya

Sobat cerdasku, Si Budi terus menerus menguap di kantor, kelopak matanya sudah semakin berat menutup mata, Posisi badannya pun sudah lunglai lemas di meja kerja, ia hampir tak mampu lagi menahan kantuk beratnya yang menyiksa, pertandingan bola dini hari tadi yang ditontonnya membuatnya tak berdaya di jam kerjanya.

Begitulah sobat, kisah si Budi yang kepayahan melawan kantuk karena mata dipaksa bekerja berlebihan sampai larut malam, maka kelelahan dan rasa kantuk akan menyerang kita di siang hari. Mungkin jika Budi masih muda dia tak akan mengalami hal ini karena stamina masa muda pasti masih oke, tapi seiring berjalannya waktu, stamina tubuh manusia juga mengalami kemunduran (pengurangan) seiring dengan usia yang bertambah.

Tapi Sobat cerdasku, penyebab kantuk berlebih bukan hanya karena begadang saja lho, ada beberapa penyebabnya yaitu :

1. Kurangnya jam tidur (begadang)
Orang dewasa membutuhkan tidur antara 6 – 8 jam, kalau kurang dari itu maka tubuh masih akan meminta jatah tidur yang belum tercapai di siang harinya. Menguap terus adalah indikasi kalau tubuh masih butuh jam tidur yang lebih lama.

2. Kurangnya atau berlebihannya olahraga
Olahraga itu penting bahkan sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Dengan berolahraga tubuh akan selalu merasa bugar / fit, tapi hati-hati juga jika olahraga yang dilakukan berlebihan, dampaknya malah akan membuat tubuh kita mengantuk karena kelelahan.

3. Gejala Anemia
Kekurangan sel darah merah akan mengganggu suplai oksigen ke seluruh tubuh, karena tugas sel darah merah adalah mengantarkan oksigen ke setiap sudut tubuh kita. Padahal oksigen ini penting untuk membuat tubuh kita berenergi, kalau kekurangan artinya kita tak ada energy atau efeknya bisa lelah dan mengantuk.

4. Konsumsi MSG yang berlebihan
Jajanan anak-anak jaman sekarang banyak mengandung MSG (Monosodium Glutamat), terutama makanan-makanan ringan, harap sobat cerdasku mengecek terlebih dulu kandungan MSG pada kemasannya, karena efeknya jika mengkonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kelainan jantung, hipertensi atau kanker dan kantuk.

Namun Jika rasa kantuk sudah terlanjur menyerang sobat dipagi hari, maka berikut ini saya akan berikan solusi cemerlang untuk mengusirnya.

 1. Berolahraga
Dengan berolahraga yang benar maka akan membuat jantung berdetak lebih kencang, usahakan agar sobat bisa mengeluarkan keringat walaupun sedikit. Mungkin bisa melompat-lompat, berlari kecil-kecil di tempat atau melakukan senam kreasi sendiri.

2. Berjemur
Pergilah keluar dan cari spot yang bagus untuk berjemur sejenak, panas matahari yang mengakibatkan keringat pada tubuh akan membuat kita terasa segar lagi dan bergairah lagi. Mungkin efeknya akan sama dengan Superman yang butuh cahaya matahari untuk mendapatkan energy.

3. Makan Camilan Pedas
Cari camilan yang membangkitkan mood, biasanya camilan yang rasanya pedas, makan sebanyak-banyaknya sampai lidah terasa terbakar, sampai mata menjadi melek lagi, sampai wajah terasa panas, jangan disiram dulu dengan air minum, biarkan dulu sampai kantuknya hilang.

4. Ambil Parfum
Ambil parfum lalu cium-cium atau semprotkan ke bagian yang sobat sukai untuk membangkitkan mood dan mengusir kantuk. Nikmati keharumannya seakan-akan sobat sedang berada di taman bunga yang penuh dengan wewangian segar.

5. Buka Situs belanja
Belanja merupakan suatu hal yang unik, bahkan saking uniknya sobat bisa membangkitkan mood di saat mengantuk. Dengan melihat-lihat barang yang sobat sukai dan melihat harga diskon yang tercantum, sobat akan memulai berangan-angan indah untuk memilikinya, jika sobat masih punya sisa tabungan maka opsi untuk membelinya bukan sebuah kesalahan, tapi jika tabungan sudah menipis atau bahkan defisit maka berangan-angan untuk memilikinya di masa gajian bulan depan akan menjadi opsi yang paling menyegarkan


Yup, selesai, itulah deretan penyebab rasa kantuk dan 5 solusi cemerlang untuk mengusirnya. Sobat pakai semua cara tersebut di atas, tapi saran saya, demi kesehatan maka sebaiknya atur waktu tidur kita agar tidak kekurangan. Selamat beristirahat sobat, ciao !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar