Jumat, 22 Agustus 2014

Cara Mengatasi Luka Dan Luka Serpihan Kayu / Kaca

Sobat cerdasku, Kecelakaan-kecelakaan kecil yang terjadi pada saat anak bermain dan belajar di sekolah akan menyebabkan luka pada bagian tubuh. Misalnya , pada saat anak tengah asik bermain bola dan kemudian terjatuh sehingga menyebabkan luka gores pada kaki maupun tangan. Luka gores tersebut dapat menyebabkan pendarahan.

Jika pendarahan yang terjadi merupakan pendarahan kecil maka luka dapat segera dibersihkan dan kemudian diperban. Jika pendarahan yang terjadi cukup besar atau lebar akan membutuhkan pertolongan yang serius.

Tujuan utama dalam menolong korban luka adalah untuk melindungi luka dari infeksi dan kerusakan lebih jauh. Tindakan pertama adalah membersihkan bagian disekitar luka dan menutup luka tersebut agar terbebas dari bakteri.

Di bawah ini adalah pertolongan pertama yang dapat dilakukan dalam korban luka :
1. Jika terjadi pendarahan, tekan luka hingga darah tidak keluar lagi
2. Cuci bersih daerah luka dengan air sabun
3.  Bersihkan luka dengan kasa steril
4. Setelah luka dibersihkan, tutup luka dengan pembalut agar luka terbebas dari bakteri.

LUKA SERPIHAN
Terkadang, ketika kita sedang melakukan berbagai kegiatan, secara tidak sengaja kulit kita terkena serpihan-serpihan, baik dari kayu atau pecahan kaca. Luka akibat serpihan cenderung sangat kecil sehingga tidak terlihat dan tidak mengeluarkan darah. Namun luka ini akan terasa sakit apabila tersentuh, ditekan atau bergesekan dengan benda lain.

Bahaya Luka Serpihan
Apabila serpihan kayu atau kaca dibiarkan di dalam kulit dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan luka di dalam kulit dan menimbulkan infeksi tetanus. Hal ini dikarenakan adanya bakteri atau kuman yang terbawa dalam serpihan tersebut. 

Apabila serpihan yang menusuk cukup besar dan terlihat menonjol dari luar, maka sebaiknya jangan dicabut terlebih dulu. Biarkan diperiksa oleh dokter, karena dikhawatirkan serpihan telah menembus dinding arteri besar dan menyumbat seluruh luka , sehingga tidak mengeluarkan darah.

Pengobatan terhadap luka serpihan
Untuk mengobati luka serpihan yang kecil dan terlihat jelas, tindakan yang dapat dilakukan dengan cara
- menekan kulit di sekitar luka
- gunakan alat penjepit yang telah disterilkan dengan alkohol  untuk menarik serpihan dengan satu tarikan yang kuat
- Serpihan sebaiknya dijepit pada pangkal serpihan dekat luka untuk menghindari putusnya serpihan
- bersihkan luka dengan air bersih  untuk menghilangkan sisa kotoran
- tutup dengan plester untuk menghindari masuknya bakteri

Untuk mengobati luka serpihan yang tidak terlihat adalah dengan cara :
- gunakan jarum panjang yang telah disterilkan 
-panaskan ke api selama 10 menit
- jarum ini untuk membuka jalan ke arah serpihan berada sehingga penjepit yang steril bisa mengeluarkan serpihan dengan lebih mudah
- bersihkan dan gunakan obat antiseptik 
- balut luka agar bakteri tidak dapat masuk kembali

Jika luka membengkak, memerah,  tidak dapat sembuh atau tetap sakit  jika bersentuhan selama dua hari maka sebaiknya ditangani langsung oleh dokter 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar