Minggu, 08 November 2015

Pengertian Seni Musik Lengkap dan Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik
Seni musik ialah salah satu cabang seni yang cara penggunaan dengan menggunakan vokal, melodi, ritme, harmoni, serta tempo sebagai sarana dalam menuangkan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik pada saat ini sudah menjadi sebuah sarana hiburan yang sangat populer seiring perkembangan teknologi pada saat ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dan beberapa ada yang memakai olah vokal.

Seni merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia yang dapat diwujudkan dalam berbagai sarana. Musik ialah hasil pengolahan harmoni, ritme, suara, melodi, vokal, dan tempo. Secara harfiah seni musik merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia yang diwujudkan dalam olahan suara, ritme, vokal, melodi, harmoni, dan tempo.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli
Berikut pengertian seni musik menurut para ahli.
  1. Banoe
  2. Musik berasal dari kata muse yang merupakan salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno yang mengurusi cabang seni dan ilmu, dewa seni serta ilmu pengetahuan. Beliau juga berpendapat bahwasannya musik ialah cabang seni yang membahas berbagai suara ke dalam beberapa pola-pola yang dapat dipahami dan dimengerti pendengarnya.
  3. Jamalus
  4. Seni Musik merupakan sebuah hasil karya seni yang dituangkan dalam bentuk bunyi dan lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran serta perasaan pencipta lagu tersebut. Dengan melalui unsur-unsur pokok musik antara lain harmoni, irama, melodi, dan struktur lagu serta ekspresi sebagai sebuah kesatuan.
  5. Sylado
  6. Syalado berpendapat bahwa bahwa seni musik merupakan wujud hidup dari berbagai kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik dengan nada yang menjiwai dapat menggerakkan hati para penikmat musik tersebut.
  7. Lexicographer
  8. Lexicographer merupakan seorang ahli kamus dan beliau berpendapat bahwa seni musik ialah kombinasi nada, vokal, serta instrumental yang mempunyai harmoni guna mengekspresikan segala sesuatu hal yang mempunyai sifat emosional.
  9. Suhastjarja
  10. Pengertian seni musik menurut Suhastjarja, seni musik mengungkapkan rasa keindahan dalam jiwa seorang manusia dan diwujudkan dalam bentuk nada atau bunyi sehingga dapat menciptakan ritme dan harmoni.


Dari beberapa pengertian seni musik diatas, dapat disimpulkan bahwa seni musik ialah suatu karya seni yang timbul sebab dari ekspresi perasaan manusia dengan melalui nada yang harmonis.

Pengertian Seni Musik Secara Etimologi

Seni musik secara etimologi kata “seni” memiliki makna “penyembahan, pemberian, serta pelayanan” dari asal bahasa Sansekerta. Ada seorang yang berpendapat bahwa asal mula kata “seni” dari asal bahasa Belanda “genie” yang dalam bahasa latin memiliki arti “jenius”.

Sedangkan “musik” berasal dari bahasa Inggris “music” yang berasal dari bahasa Yunani “mousikê”. Namun, kata mousikê lebih merujuk pada semua karya seni yang berupa musik serta puisi pimpinan Muses.

Itulah pengertian seni musik dan pengertian seni musik menurut para ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar