Senin, 09 November 2015

20 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat vitamin E banyak sekali antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dapat melembabkan kulit, dan sebagainya. Vitamin E dapat dikenal juga sebagai Tokoferol ialah suatu grup vitamin yang dapat larut dalam lemak seperti halnya pada vitamin A dan vitamin D. Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin E sendiri serta kita harus mendapatkan vitamin E dari luar yaitu dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi.

Manfaat Vitamin E Dosis vitamin E untuk mencukupi kebutuhan harian yang dianjurkan yaitu sekitar 7 mg. Kasus kekurangan vitamin E sangat jarang terjadi, tetapi biasanya pada awalnya ditandai dengan adanya proses penyembuhan luka yang lambat. Kelebihan vitamin E juga ditandai dengan adanya gejala meningkatnya asam lambung, lemah otot, cepat lelah, dan sakit kepala.

Beberapa jenis sayuran yang di dalamnya mengandung vitamin E antara lain minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak zaitun, buncis, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, minyak jagung, alfalfa, selada, ubi jalar, biji bunga matahari, dan sayuran berwarna hijau lainnya.

Manfaat dan fungsi vitamin E untuk tubuh manusia diantaranya sebagai antioksidan alami, membantu dalam proses penyembuhan, mencegah terjadinya bekas luka, melindungi membran sel, serta menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf.

Vitamin E juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan organ tubuh seperti mata, kulit, serta dapat memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin E dapat membantu kerja tubuh untuk tetap beraktivitas secara normal. Sekarang ini vitamin E sudah tersedia dalam beberapa macam bentuk seperti kapsul, sirup, dan tablet. Anak kecil dan orang dewasa dapat mengkonsumsi Vitamin E. Berikut manfaat vitamin E.

Manfaat Vitamin E

Vitamin E kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Berikut manfaat vitamin E.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  2. Vitamin E dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga vitamin E dapat mencegah dari serangan berbagai macam penyakit dan membantu tubuh untuk tetap beraktivitas secara normal.
  3. Meningkatkan Kesehatan Kulit
  4. Vitamin E memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesehatan kulit, seperti meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat dari radiasi sinar ultraviolet, dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  5. Sebagai Antioksidan
  6. Vitamin E berperan penting sebagai antioksidan alami sehingga dapat membantu dalam melindungi struktur sel penting terutama membran sel akibat radikal bebas. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan alami dengan cara mencari, bereaksi, serta merusak rantai pada reaksi radikal bebas. Dalam reaksi radikal bebas tersebut, vitamin E diubah menjadi radikal. Namun, radikal tersebut dapat beregenerasi menjadi sebuah vitamin aktif dengan melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa-senyawa yang lain.
  7. Melembabkan Kulit
  8. Minyak vitamin E dapat digunakan menjadi pelembab kulit yang sehat tanpa tambahan bahan-bahan kimia yang lain seperti alkohol dan sebagainya. Minyak vitamin E tidak hanya menawarkan kelembaban yang dibutuhkan kulit, namun keberadaan antioksidan di dalam vitamin E dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.
  9. Mengatasi Stretch Marks
  10. Gejolak berat badan sering dapat menyebabkan stretch mark muncul dengan mudah. Minyak vitamin E dapat menyembuhkan kulit dari dalam dan dapat memudarkan stretch mark serta dapat menghilangkan bekas luka.
  11. Mencegah Penuaan Dini
  12. Semakin tua usia kelit, produksi kolagen di dalamnya akan mulai melambat dan menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitas. Diet yang tidak sehat, polusi, dan paparan bahan kimia dapat memicu proses penuaan, membuat kulit terlihat kendor dan kusam karena munculnya garis-garis halus serta kerutan. Vitamin E menghadirkan antioksidan yang kuat yang dapat mencegah penuaan dini. Selain itu vitamin E juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Dengan demikian, manfaat vitamin E dapat membuat kulit menjadi ketat dan lebih elastis.
  13. Menyembuhkan Luka Bakar
  14. Penggunaan minyak vitamin E sangat dianjurkan untuk menyembuhkan luka bakar. Namun, vitamin E dapat bekerja hanya untuk luka bakar yang kecil. Biarkan luka bakar dingin, kemudian oleskan minyak vitamin E, dan perlu diingat juga bahwa jangan menekan kulit tersebut.
  15. Mencegah Kanker Kulit
  16. Orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di bawah matahari dapat berisiko tinggi untuk terserang kanker kulit. Tips sederhana untuk mencegah kanker kulit adalah dengan mengoleskan minyak vitamin E tersebut. Penggunaan minyak vitamin E secara teratur pada kulit dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.
  17. Membersihkan Kulit
  18. Minyak vitamin E merupakan 'pembersih universal', hal ini karena cocok untuk semua jenis kulit. Kotoran, debu, sel-sel mati dapat membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Teteskan beberapa tetes minyak vitamin E pada kapas dan oleskan sebanyak dua kali dalam sehari dapat membersihkan kulit sehingga kulit dapat kembali bersinar.
  19. Mengurangi Bintik Coklat pada Kulit
  20. Bintik-bintik coklat yang terdapat pada kulit disebabkan oleh penuaan, kerusakan akibat serangan radikal bebas, serta buruknya fungsi hati. Vitamin E dapat mencegah minyak dan mengatasi kerusakan radikal bebas. Apabila dioleskan ke bintik-bintik coklat pada kulit, dapat membantu meringankan dan juga menghaluskan kulit kasar dengan pelumas membran sel serta dapat mempercepat regenerasi sel.
  21. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung
  22. Vitamin E memiliki peranan penting untuk mengencerkan darah yang beredar dan dapat memperlancar aliran darah. Sehingga tidak akan terjadi adanya penumpukan flak pada dinding pembuluh arteri. Penumpukan flak tersebut dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar sehingga meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.
  23. Mencegah Osteoarthritis
  24. Vitamin E dapat mencegah dan meredakan osteoarhritis. Sehingga vitamin E dapat bermanfaat untuk membantu dalam meredakan nyeri rematik. Vitamin E juga bermanfaat dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi–sendi pada tulang serta dapat menurunkan resiko asam urat.
  25. Merangsang Pertumbuhan Rambut
  26. Minyak vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantun dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke kulit kepala. Pasokan darah yang lancar dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  27. Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda
  28. Minyak vitamin E sangat efektif dalam memperlambat proses penuaan, baik itu kulit atau rambut. Rambut beruban pada saat usia muda disebabkan terutama karena oksidasi jaringan. Antioksidan yang kuat hadir dalam minyak vitamin E yang efektif mencegah korosi jaringan, sehingga mengurangi kemungkinan rambut beruban di usia muda.
  29. Rambut Berkilau
  30. Meminyaki rambut dengan minyak vitamin E secara rutin dapat membuat rambut menjadi sehat dan bersinar dari sebelumnya. Minyak vitamin E dapat melembabkan rambut dari akar ke poros dan dapat membantu menghidupkan kembali rambut yang berkilau. Hal ini juga merangsang produksi sebum, yang membuat rambut lebih berkilau.
  31. Melawan Efek Negatif dari Penggunaan Obat-Obatan
  32. Vitamin E dapat bermanfaat untuk mengurangi efek berbahaya dari pengobatan obat-obatan medis seperti dialisis dan radiasi. Hal tersebut digunakan untuk mengurangi efek samping dari obat-obatan seperti kerusakan paru-paru pada orang yang memakai amiodarone dan rambut rontok pada orang yang menggunakan doxorubicin.
  33. Mengurangi Kram Saat Menstruasi
  34. Banyak perempuan yang menstruasi mengalami kram perut. Vitamin E dapat bermanfaat untuk meredakan kram pada saat sedang menstruasi. Untuk menyembuhkan kram tersebut dapat dengan menggunakan vitamin E. Dengan mengkonsumsi vitamin E 2 kali dalam sehari selama 2 minggu sebelum siklus menstruasi.
  35. Melembutkan Kulit
  36. Minyak vitamin E dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan dan sebaiknya digunakan seminggu sekali. Antioksidan yang terkandung dalam minyak vitamin E dapat melindungi sel-sel pada kulit serta mencegah pembentukan radikal bebas baru yang dapat dengan mudah merusak kulit.
  37. Mengatasi Rambut Bercabang
  38. Akibat dari polusi dan rambut yang kering dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Oleskan 2 minyak vitamin E ke kulit kepala Anda dan lalu tutupi dengan rambut dengan handuk hangat. Perawatan rambut ini dapat membuat rambut menjadi halus dan lembab.
  39. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah
  40. Minyak vitamin E dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah. Minyak tersebut bertindak sebagai pelembab bibir dan efektif dalam menghilangkan bibir kering atau pecah-pecah.


Penggunaan Vitamin E

Penggunaan vitamin E tidak boleh sembarangan, hal ini karena apabila mengkonsumsi vitamin E tidak mengikuti aturan yang dianjurkan dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Jangan mengkonsumsi dengan dosis yang berlebihan. Vitamin E kemungkinan tidak aman apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi setara 400 IU ataupun lebih, terlebih jika Anda menderita penyakit seperti diabetes atau penyakit jantung. Menurut penelitian, dosis yang tinggi dalam mengkonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko terkena dampak efek samping yang serius, bahkan dapat menyebabkan kematian. Kebutuhan harian vitamin E yang direkomendasikan yaitu 22.4 IU (bagi usia 14 tahun ke atas).

Mengkonsumsi vitamin E yang berlebihan dapat mengakibatkan diare, kelelahan, sakit kepala, kram perut, mual, memar, ruam, pendarahan, serta penglihatan menjadi buram.

Hindari mengkonsumsi secara bersamaan dengan multivitamin. Berbagai penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin E dan suplemen multivitamin yang lainnya dapat meningkatkan risiko kanker prostat bagi pria. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi secara bersamaan.

Tidak semua orang dapat bersahabat dengan vitamin E. Terdapat juga beberapa beberapa kalangan yang lebih baik menghindari vitamin E atau alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin E misalnya pada ibu hamil, penderita stroke, kekurangan vitamin K, penderita kanker kepala dan leher, sedang mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, mempunyai gangguan pendarahan, maupun ingin melakukan operasi.

Itulah manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Banyak makanan yang mengandung vitamin E seperti terdapat di kuning telur, labu, brokoli, bayam, kacang almond, udang, serta minyak zaitun. Mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk alami lebih dianjurkan dibandingkan mengkonsumsi vitamin E olahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar