Kamis, 04 September 2014

Kolesterol, Cari Tahu Penyebab dan Gejalanya

Hai, sobat cerdasku, hari-hari terakhir ini kepala saya terasa pusing/penat, tapi letak pusingnya hanya berada di satu titik saja, kemudian lama-lama keesokan harinya leher bagian belakang saya terasa beraaat sekali, seperti ditumpangi oleh benda yang mengganggu. Kemudian saya mulai ingat-ingat, saya habis makan apa sebelum-sebelumnya, ternyata udanglah penyebabnya. Udangnya sih  ukuran sedang, tapi efeknya jadi begitu mengganggu, saya baru paham dari teman-teman saya bahwa pegal leher  itu adalah termasuk gejala penyakit kolesterol.

Sobat cerdasku, mulai dari kejadian tersebut saya mulai cari tahu apa saja sih penyebabnya. coba lihat beberapa penyebabnya berikut ini :

1. Kelebihan berat badan, saya mungkin termasuk kategori ini
2. Obesitas
3. Stress, yang ini pun mungkin juga saya punya
4. Salah diet
5. Konsumsi kopi yang berlebihan
6. Merokok
7. Jarang berolahraga
8. Keturunan
9. Diabetes Melitus
10. Usia manusia
11. Makanan terlalu mengandung banyak lemak jenuh atau tidak sehat

Setelah tahu penyebabnya, saya juga cari tahu apa-apa saja gejalanya yang sering muncul.

1. Rasa pegal di leher belakang / rasa sakit di tengkuk
2. Mudah terasa lelah
3. Mudah mengantuk, mata terasa berat terus menerus
4. Kaki bengkak
5. Diare
6. Penurunan kemampuan memori otak
7. Emosi yang berlebihan
8. Nyeri di badan / pada bagian tertentu
9. Sakit ringan pada jantung dan berdebar-debar
10. Timbul benjolan kecil seukuran 1 inch atau mungkin seperti kutil/tahi lalat

Dari kesepuluh gejala tersebut, beberapa diantaranya pernah terjadi pada saya sobat cerdasku, seperti pegal, lelah, mengantuk, jantung berdebar dan muncul kutil/tahi lalat. Wah nampaknya mulai dari sekarang saya harus memperhatikan apa-apa saja yang sebaiknya saya makan, tapi apa ya yang harus saya konsumsi dan saya hindari, let’s check it out sobat !

Yang sebaiknya DIHINDARI jika tak ingin menumpuk penyakit di tubuh karena kadar kolesterolnya tinggi adalah :
Bahan Makanan / Makanan
Kadar kolesterol
(mg/10 gr)
Telur burung puyuh
3640
Otak sapi
2300
Kuning telur ayam
2000
Cumi-cumi
1170
Jeroan kambing
610
Kerang putih
450
Jeroan sapi
380
Mentega / Margarin
300
Coklat
290
Susu sapi cream
280
Susu sapi
250

Yang sebaiknya DIJAGA agar tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsinya adalah :

Bahan Makanan / Makanan
Kadar kolesterol
(mg/10 gr)
Santan
185
Belut
185
Siput
160
Kerang
160
Udang
160
Kepiting
150
Sosis daging
150
Keju
140
Gajih kambing
130
Gajih sapi
130
Daging sapi berlemak
125
Ikan bawal
120
Burung dara
120
Daging sapi
105
Iga sapi
105
Daging asap (smoke beef)
98

Nah berikut ini daftar beberapa makanan yang SILAHKAN dikonsumsi, tapi jangan juga berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Bahan Makanan / Makanan
Kadar kolesterol
(mg/10 gr)
Daging kambing tanpa lemak
70
Daging sapi tanpa lemak
60
Ikan air tawar
55
Daging ayam / bebek non fat
50
Susu sapi non fat
0
Putih telur ayam
0

Sehat itu memang sulit ya sobat, sulit memilih memilah mana yang harus dikonsumsi dan dipantang, tapi tak apa, sulit sedikit biar saja asal sehat yang didapat. Semoga sehat selalu ya sobat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar